Kamis, 31 Mei 2012

Rangkaian Inverter 500 Watt

Rangkaian inverter adalah peralatan yang sangat berguna yang dapat mengkonversi tegangan rendah dari sumber DC ke tegangan tinggi AC. Rangkaian inverter yang paling umum adalah 12V ke 220V inverter. Mungkin hal itu karena baterai umumnya memiliki tegangan 12V. Rangkaian inverter ini biasanya menarik arus dari baterai 12 DC. Baterai ini harus dapat memberikan aliran arus yang cukup besar. Arus ini kemudian diubah menjadi 220VAC alternatif berbentuk gelombang persegi sehingga kita bisa meggunakan peralatan listrik yang bekerja pada 220V dari sumber 12V. 

Rangkaian inverter termasuk dalam kategori perangkat mahal sehingga banyak orang tidak memilikinya walaupun mereka cukup membutuhkannya. nah...dalam postingan kali ini saya akan memperlihatkan kepada anada rangkaian inverter 500W yang cukup sederhana akan tetapi benar-benar mampu bekerja dengan baik, jika anda tertarik saya rasa rangkaian ini cukup mudah untuk di rakit, tapi Sebelum Anda mulai merakitnya, saya ingin memberi tahu anda bahwa rangkaian ini melibatkan 220VAC dan 500W yang bisa berakibat fatal. Anda harus berhati-hati dan utamakan keslamatan kerja sebelum mulai merakit rangkaian ini. Sebaiknya gunakan sarung tangan pelindung listrik dan mencoba untuk tidak bermain dengan rangkaian inverter bila anda masih awam dengan kelistrikan. 

Rangkaian inverter 500 Watt
Resistor variabel dalam skema rangkaina dapat digunakan untuk mengatur frekuensi arus output AC 220V. Frekuensi output dari rangkaian inverter ini adalah gelombang persegi sehingga tidak di anjurkan untuk beban induktif. Namun saya sudah pernah mencobanya di rumah dengan menggunakan inverter ini dan saya tidak mengalami masalah apapun, akan tetapi mungkin untuk peralatan audio terkadang akan timbul suara noise (denging).

14 komentar:

  1. untuk membuat ini total biaya berapa bos ??

    BalasHapus
  2. bisa pesen pcbnya aja gan,,,,,??

    BalasHapus
  3. nice gan.... ada inverter DC to AC, barangkali ada yang berminat... silahkan kunjungi http://tokoone.com/inverter-dc-ke-ac/?affid=4754

    BalasHapus
  4. komponenya apa ja mas tolong kirim ke imael q

    BalasHapus
  5. Daftar komponennya transistornya x6 tapi dalam skemanya ko cuma 4 boss gimana nich

    BalasHapus
  6. jika daya 12 yang dibutuhkan di suplay langsung menggunakan Travo 5A bisa ngak ya ???

    jadi traco 5A ini kita gunakan sebagai penganti batray.

    BalasHapus
  7. klo minta gambar untuk board PCB bisa ga?
    tlg kirim email aja ke elang2099@yahoo.com
    mksih

    BalasHapus
  8. tolong bos daftar komponen nya d masukan, saya mau buat ni. tolong diperjelas cara pembuatanya....tks

    BalasHapus
  9. yang dipakai itu trafo apa ?

    BalasHapus
  10. Itu ada pakai TIP35x6,maksudnya gimana mas.....?

    BalasHapus
  11. gan untk transformator pake brapa amper,,,,,apa itu trapo toroid yg di pake....??????

    BalasHapus