Sabtu, 21 Januari 2012

Cara Menghitung Nilai Resistor Pada LED

LED adalah salah satu jenis dioda maka LED memiliki 2 kutub yaitu anoda dan katoda. Dalam  hal ini LED akan menyala bila ada arus listrik mengalir dari  anoda menuju katoda. Pemasangan kutub LED tidak boleh terebalik karena apabila terbalik kutubnya maka LED tersebut tidak akan menyala. Led memiliki karakteristik berbeda-beda menurut warna yang dihasilkan. Semakin tinggi arus yang mengalir pada led maka semakin terang pula cahaya yang dihasilkan, namun perlu diperhatikan bahwa besarnya arus yang diperbolehkan 10mA-20mA dan pada tegangan 1,6V –  3,5 V tergantung karakter warna yang dihasilkan. Apabila arus yang mengalir lebih dari 20mA maka led akan terbakar. Untuk menjaga agar LED tidak terbakar perlu kita gunakan resistor sebagai penghambat arus.

Tegangan kerja / jatuh  pada sebuah LED menurut warna yang dihasilkan adalah sbb :
  • Infra merah : 1,6 V
  • Merah : 1,8 V – 2,1 V
  • Oranye : 2,2 V
  • Kuning : 2,4 V
  • Hijau : 2,6 V
  • Biru : 3,0 V – 3,5 V
  • Putih : 3,0 – 3,6 V
  • Ultraviolet : 3,5 V
Mengacu data di atas maka Apabila kita ingin mencari nilai resistor pada LED dapat anda gunakan rumus berikut

R =(Vs-Vd) / I

dimana:
R = Resistor
I  = Arus LED
Vs = Tegangan sumber( bisa battery 12V, atau sumber tegangan lainnya).
Vd = Tegangan kerja LED


 Contoh :
Misal kita mempunyai sebuah LED warna merah (tegangan kerja 1,8 Volt) yang akan dinyalakan menggunakan  sumber tegangan 12Volt maka kita harus mencari nilai resistor yang akan dihubungkan secara seri dengan LED.

Sebelumnya kita mengetahui bahwa arus maksimal yang diperbolehkan adalah 20mA Jadi dari contoh ini dapat diketahui bahwa tegangan yang digunakan  (Vs) : 12V, tegangan kerja LED : 1,8V, dan Arus LED : 20mA = 0,02Ampere.  maka R = (12-1,8) / 0,02 = 510 ohm

dengan cara yang sama  jika LED yang di gunakan warna biru maka:
R LED Biru = (12V – 3V) / 0.02 A = 450 ohm


Menghitung resistor secara seri :

jika LED di pasang seri maka tegangan kerja LED adalah penjumlahan dari keseluruhan LED yang di seri  tersebut, dalam contoh berukut di perlihatka 3 buah LED warna kuning yang di pasang seri, jika tegangan sumber masih sama 12V maka maka:

R = (12V – (2,4V+2,4V+2,4V)) / 0.02 A
R = (12V – 9.6 V) / 0.02 A = 120 ohm

47 komentar:

  1. Salam kenal artikelnya bagus

    Salam
    http://technosains.com

    BalasHapus
  2. ada link nih agan2 buat ngitungnya
    http://led.linear1.org/led.wiz

    BalasHapus
  3. jka YANG 12v itu diganti dengan 5v bisa apa enggk kang? lalu nilai resistornya berapa? klo sy hitung menurut analisa diatas, berarti resistornya adalah -350 ohms. sedangkan led yg digunakan adalah warna putih (3.0-3.6 V) pertanyaan selanjutnya, apakah ada resistor yg nilainya -350 ohm? bagaimana caranya jika voltase yg ada (5 V) bisa menyalakan 4 led sekaligus? terima kasih sebelumnya. mohon dibimbing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut berkomentar. Tentu saja asalkan tegangan sumber tidak lebih kecil dari tegangan kerja LED. Hambatan tidak dapat bernilai negatif, jika diperhitungan menghasilkan nilai negatif berarti efek di dunia nyatanya lampu LED tidak dapat menyala (karena tegangan sumber lebih kecil dari tegangan kerja LED). Untuk menyalakan 4 LED sekaligus dengan tegangan 5V dapat dilakukan secara paralel ("inti paralel adalah tegangan akan tetap")

      Hapus
    2. dikasih resistor 100 ohm, pemasangan led secara pararel bukan seri,

      Hapus
    3. Bos kalo lampu led lima warna pemasngan parelel dikasih resistor berapa ohm

      Hapus
  4. Kalau voltase kecil lebih baik LED di paralel pemasangannya, sehingga kita bisa pakai resistor tidak minus ketika kita hitung R-nya, dan kita bisa pasang berapa pun banyaknya LED yg kita ingin kan. keuntungan pasang LED secara paralel, yaitu ketika 1 LED mati tidak LED yang lain tetap menyala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sumbernya menggunakan usb powerbank jumlah maksimal LED nya berapa ya?

      Hapus
  5. Kalo Led yang untuk Lampu senter dengan bentuk fisik agak besar itu berapa volt ya maksimal. saya baru saja mencoba dengan tegangan aki kering 6 volt menyala 1 menit kemudian mati.

    Setiyono
    princsetiy@yahoo.com
    www.jayabhaya.com
    From : Yogyakarta Special Region

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakan resistor untuk membagi tegangan dan menurunkan arus sehingga LED tidak putus(kelebihan tegangan) dan terbakar(kelebihan arus). Ketika membeli LED, tanyakan kepada penjualnya seperti tegangan kerja LED dan arus max yang dapat digunakan LED. Jika pedagang tidak tahu, gunakan multimeter untuk mengukur arus yang melewati LED

      Hapus
  6. Maaf mas mau tanya, saya pengen pasang 2 buah lampu LED warna putih di motor dengan paralel,apa bisa?. Resistornya berapa Ohm ya?
    Apakah harus dipasang resistor satu per satu jika disusun paralel?
    . Mohon bantuan dan ilmunya. Terimakasih.

    BalasHapus
  7. Kalo ps nya 12v 1 ampere, cara menghitung nya gmn?
    Ane coba ngikutin metode itu, tp kq LED nya jd redup gtu ya...??

    BalasHapus
  8. misal saya pakai 6 buah lampu led warna biru pakai resitor mana kok saya bingung hitungnya dengan rangkaian seri,karna 12-18= - 6
    trus di bagi 0.002 = -300 ohm apa memang ada seperti itu mohon bantuanya


    dan kunjungin balik ya
    Pallet murah berkualitas untuk perusaha'an anda
    ingin jual pulsa,atau di pakai sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener gan perhitungannya, tapi kurang tepat aja...
      perhitungan agan itu pemasangan lampu led secara seri, kalao jumlah tegangan led lebih bresar dari tegangan sumber lebih baik lednya di pasang secara parallel saja gan !

      Hapus
  9. mas..saya udah buat lampu rem dan lampu senja dari lampu led..lampu led yg saya pakai led super bright clear warna merah..tpi hasil nya kurang terang..pa lgi di lmpu senja nya..saya memakai 1 resistor 670 utk 4 lampu led di rangkai seri..jd saya memakai 5 resistor utk 20 bh lampu led..aki motor nya 12v - 5 Ah..motor nya yamaha jupiter z thun 2004

    sekalian mau nya rumus utk menghitung resistor..

    R = (vs - vd)/ i

    R= ( v - (4 x v led)) / 0.02

    ( 12 - (4 x 3.0) ) / 0.02

    ( 12 - ( 12 ) / 0.02

    0 / 0.02
    R = 0

    Betulllkkaahhh begitu cra nya massss..

    mohon maaf sebelum nya..saya mau belajar masss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener gan perhitungannya, tapi kurang tepat aja...
      perhitungan agan itu pemasangan lampu led secara seri, kalao jumlah tegangan led lebih bresar dari tegangan sumber lebih baik lednya di pasang secara parallel saja gan !

      Hapus
  10. Bagaimana cara menemukan rumus diatas?

    BalasHapus
  11. mas mau nanya. saya kan mau pasang led hijau 12 biji nih. trus saya bingung, per resistor berapa led ya... kalau led saya pasang seri

    BalasHapus
  12. klo resistor nya dipasang lebih besar dari perhitungan bisa y

    BalasHapus
  13. Cara menyalakan lampu led agar terang dipasang pada sepeda motor...perlengkapan apa yang harus saya tambahkan ..? Mohon infonya..Thanks..iya gan..

    BalasHapus
  14. Siang bos. Aku sngt trtarik dngn artikel bos. Aku mau tnyk ini bos. Aku mau pasang lmpu senja LED warna putih d motor jupiter new mx standard (arus AC). Daya lampu trsbt 12Volt 0,4Watt X 2bh. Jd,brpa ukuran resistorny ya bos? N rsistorny 1 atau 2bh jg? Bagi2 ilmuny ya bos. Trim's.

    BalasHapus
  15. Mohon infony ya bos. Skali lg,trim's.

    BalasHapus
  16. Mohon infony ya bos. Skali lg,trim's.

    BalasHapus
  17. Siang bos. Aku sngt trtarik dngn artikel bos. Aku mau tnyk ini bos. Aku mau pasang lmpu senja LED warna putih d motor jupiter new mx standard (arus AC). Daya lampu trsbt 12Volt 0,4Watt X 2bh. Jd,brpa ukuran resistorny ya bos? N rsistorny 1 atau 2bh jg? Bagi2 ilmuny ya bos. Trim's.

    BalasHapus
  18. Mohon info nya mas, kalo dengan sumber 5v trus arus nya 2A, resistor nya brapa yaa ?(powerbank)
    Trus kalo d pasang paralel bisa gak cuman 1 resistor ?

    BalasHapus
  19. Mohon info nya mas, kalo dengan sumber 5v trus arus nya 2A, resistor nya brapa yaa ?(powerbank)
    Trus kalo d pasang paralel bisa gak cuman 1 resistor ?

    BalasHapus
  20. Ass...Saya mau tanya klo arusnya 5 volt terus sy mo pasang seri lampu led putih sebyk 12 buah, brp kira kira nilai resistor yg di butuhkan ??? Mohon penjelasannya.

    BalasHapus
  21. Minta solusinya gan,saya sdh coba pasang lampu led warna putih 12 buah secara pararel dgn resistor 100 ohm masing-masing led dgn arus 5 volt. Tapi hasilnya kurang maksimal cuma dua led saja yg terang yg lainnya redup. Gimana tu gan solusinya???

    BalasHapus
  22. mas sy memang awam masalah listrik tapi saya penasaran ingin mencoba. saya beli led 2835 teganagan 12v. saya punya adaptor 12v 1a kira kira berapa seri led maximaldan minimal bissa dihidupkan, terimakasih atas jawabannya

    BalasHapus
  23. mas sy memang awam masalah listrik tapi saya penasaran ingin mencoba. saya beli led 2835 teganagan 12v. saya punya adaptor 12v 1a kira kira berapa seri led maximaldan minimal bissa dihidupkan, terimakasih atas jawabannya

    BalasHapus
  24. mas sy memang awam masalah listrik tapi saya penasaran ingin mencoba. saya beli led 2835 teganagan 12v. saya punya adaptor 12v 1a kira kira berapa seri led maximaldan minimal bissa dihidupkan, terimakasih atas jawabannya

    BalasHapus
  25. kalau pakai satu led aja,gimana mas..risistor nya pakai yang berapa??.

    BalasHapus
  26. gan,,, saya mau pasang 1 lmpu led kecil di motor,,, n aki kn 12v maka saya pake transistor warna apa biar terang dan gk angus

    BalasHapus
  27. 4 lampu led putih, tegangan 220, berapakah nilai masing2 resistor jika dipasang paralel?

    BalasHapus
  28. Agan dan mas mas...,pingin tanya,kalau led super clear warna merah,9 led dgn 3 resistor.aki 45 ampere 12 volt.kira kira hrs pakai resistor yg brp ohm ya...?
    Terimakasih mas & agan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga membantu..

      Nilai R led merah (2.1v dgn 20mA)
      R = (12v-2.1v)/0.02A= 500 ohm
      Untuk arusnya =
      I = (12v-2.1v)*0.02A = 0,198 W (pakai 1/4 Watt.
      Jadi pakai resistor yang 500 ohm 1/4 watt.

      Hapus
  29. Mohon bantuannya mas...
    saya pakai aki 12v 4.5Ah, utk nyalakan led smd 5730 3.4v 150mA. Brp nilai resistor dan cara menghitungnya. Trimakasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. (12v-3,4v) / 0.15 A = 57.3 ohm.
      Kalau resistor nilai tersebut tidak ada dipasaran, bisa memakai yang lebih besar sedikit.

      Hapus
    2. Hy brow sy pendatang baru.. mau tanya. Sy punya lampu led daya masukan 7 watt 12 tegangan listrik 220-240v. Resitornya hangus gimana ya cara menghitung nilai resitornya?

      Hapus
  30. Oh ya mas.mau tanya bagai mana caranya melihat berapa vol lampu led,denga cara ngecek dari avometer. Tolong penjelasannya mas.

    BalasHapus
  31. Oh ya mas.mau tanya bagai mana caranya melihat berapa vol lampu led,denga cara ngecek dari avometer. Tolong penjelasannya mas.

    BalasHapus
  32. Saya coba buat rangkaian led untuk sein motor (warna kuning) tapi hasil cahanyanya kok tidak seterang warna biru kenapa ya mas? (Posisi dengan resistor yang sama tapi nyalanya tetap redup) kalau yang hijau malahan lebih terang dari warna kuning.

    BalasHapus
  33. kalau teganganya 220 volt. lampu led berjumlah 3 warna biru. berapa besar resistor yang di pakai mas??
    memakai rangkaian seri atau paralel mas?

    BalasHapus
  34. K.lo lampu led memiLiki 5 volt 8 watt dgn daya 12 volt brp ohm tahanan yg hrs di beri gan..trims

    BalasHapus