Rabu, 22 Juni 2011

Cara Menghitung Daya (Watt) Speaker

Bila Anda mencoba menyesuaikan output power amplifier dengan speakers untuk tujuan sound system lapangan, kompetisi atau sejenisnya  tentunya anda tidak ingin amplifier anda hanya memberikan daya di bawah kemampuan speaker, karena jika itu terjadi berarti anda merugi dan saya yakin sound system anda akan kalah bersaing di luar sana, tetapi resikonya jika daya amplifier anda melebihi kemampuanya speaker tentu spekar akan terbakar.  nah... bagaiman cara menyesuaikannya??...agar speaker bekerja maximal tanpa merusaknya.

 Daya "Watt" yang terlampir di speaker adalah deskripsi dari kekuatan maximal yang masih mampu di tangani tanpa merusaknya, berguna untuk mengetahui kemampuan speaker dan kemudian menyesuaiakan output power amplifier yang anda miliki, Anda dapat menghitung "watt" speaker menggunakan Hukum Ohm, yang menggambarkan hubungan antara volt, ampare dan watt.

Selain daya "Watt",  pada speaker menengah ke atas biasanya juga di lampirkan  data RMS , untuk pembahasan lebih jeuh mengenai hal ini akan saya posting di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar