Rabu, 22 Juni 2011

Apakah Yang Dimaksud RMS Pada Speaker?

RMS adalah singkatan dari "Root Mean Squared," dan merupakan aturan yang digunakan untuk menghitung daya rata-rata pada power amplifier. RMS max pada speaker bisa di artikan sebagai daya rata-rata yang bisa di bebankan di speaker secara terus menerus sehingga speaker menghasilkan suara paling keras namun kualitas suara tetep baik tanpa merusaknya.

Perhitungan RMS ini akan menjadi sangat penting bagi para pembuat audio mobil stereo yang membutuhkan sistem suara terbaik untuk memenangkan kompetisi atau untuk musisi. untuk mendapatkan hasil yang memuaskan meraka harus memperhitungkan watt sebuah amplifier dan menyesuaikannya dengan speaker yang mereka gunakan. Namun sebenarnya RMS bukanlah standar untuk mengukur watt pada speaker , melainkan digunakan hanya untuk memberikan rata-rata perkiraan dalam peringkat yang aman.

Note:
Terkadang pada speaker tertuntu hanya mencantumkan watt max tanpa mencantumkan RMS-nya , untuk khasus ini secara kasar RMS-nya adalah setengah dari watt maks tersebut.

Sebagai contoh: sebuah speaker memiliki 800 watt max, maka 400 watt RMS.


5 komentar:

  1. Jika speaker memiliki watt iaitu 400 watt 8ohm dn 800watt 8ohm peak..berapa watt ke amplifier yg sesuai untuk speaker tersebut

    BalasHapus
  2. Jika speaker memiliki watt iaitu 400 watt 8ohm dn 800watt 8ohm peak..berapa watt ke amplifier yg sesuai untuk speaker tersebut

    BalasHapus
  3. Maaf agan2 sy ada ampli class d 2x50 watt rms..kira2 saya harus pake speaker yg berapa watt ya?..mohon petunjuknya

    BalasHapus
  4. Kyak,e 100watt max/peak mas refan

    BalasHapus