Kamis, 28 Oktober 2010

Rangkaian Regulator Dioda Zener

Rangkaian dasar Regulator dioda Zener  Rangkaian dasar Regulator dioda Zener

Rangkaian regulator dioda Zener yang paling sederhana, di tunjukkan gambar di atas, zener bekerja pada daerah breakdown sehingga menghasilkan tegangan output yang sama dengan tegangan zener atau :

Vout = Vz

Namun rangkaian di atas ini hanya bermanfaat jika arus beban tidak lebih dari 50mA.

Rangkaian Regulator dioda Zener dengan transistorRangkaian Regulator dioda Zener
dengan PNP transistor sebagai penguat arus

Rangkaian regulator ini pada dasarnya adalah rangkaian regulator zener yang dikonfigurasikan dengan sebuah transistor NPN untuk menghasilkan arus yang cukup besar. V BE adalah tegangan base-emitor dari transistor Q1 yang besarnya antara 0.2 - 0.7 volt bergantung pada jenis transistor yang digunakan. Dengan mengabaikan arus I B yang mengalir pada base transistor, dapat dihitung besar tahanan R2 yang diperlukan adalah :
Iz adalah arus minimum yang diperlukan oleh dioda zener untuk mencapai tegangan breakdown zener tersebut. Besar arus ini dapat diketahui dari datasheet yang besarnya lebih kurang 20 mA

Jika diperlukan catu arus yang lebih besar, tentu perhitungan arus base I B pada rangkaian di atas tidak bisa diabaikan lagi. Seperti yang diketahui, besar arus I C akan berbanding lurus terhadap arus I B atau dirumskan dengan :

IC = ß × IB

Untuk keperluan itu, transistor Q1 yang dipakai bisa diganti dengan tansistor darlington yang biasanya memiliki nilai b yang cukup besar. Dengan transistor darlington , arus base yang kecil bisa menghasilkan arus Ic yang lebih besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar