Kamis, 28 Oktober 2010

Rangkaian differensiator OP-Amp

differensiator adalah rangkaian yang melakukan operasi differensiasi secara matematika. Rangakaian ini menghasilkan tegangan keluaran yang sebanding dengan kemiringan tegangan masukan. Penggunaan rangkaian differensiator yang umum adalah untuk mendeteksi tepi mendahului dan tepi ketinggalan dari sebuah pulsa persegi atau untuk menghasilkan keluaran persegi dari masukan sinyal segitiga.
Rangkaian differensiator OP-AmpRangkaian Differensiator OP-Amp

Pada gambar di atas memperlihatkan sebuah rangkaian differensiator menggunakan op-amp. Rangakaian differensiator ini hampir mirip dengan rangakaian integrator hanya saja posisi resistor dan kapasitornya yang berbeda. Bila tegangan masukan berubah (misaltegangan segitiga) mengandung arti bahwa arus kapasitor akan tetap. Karena semua arus tetap ini mengalir melalui tahanan umpan balik, maka didapatlah sinyal kotak pada keluaran, seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Rumus besarnya tegangan output (V out) pada rangkaian differensiator adalah:

Dari persamaan Vout dapat dilihat bahwa tegangan output sebuah differensiator adalah deviatif dari tegangan input terhadap waktu dikali konstanta waktu differensiator (RCX).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar